Mencari Alasan Untuk Bersama

Tak ku sangka, ternyata aku ingat kebiasaan dirinya selama ia bersama ku: dia ambil foto-fotoku secara diam-diam.

Ketika aku bertanya padanya,”apa yang bisa kita lakukan bersama?” Ia menjawab bahwa aku bisa bekerja bersamanya di studio tari miliknya. Aku periksa pekerjaan spesifik apa yang mungkin bisa aku kerjakan. Aku temukan bahwa semua pekerjaan ternyata bisa ia lakukan sendiri. Aku simpulkan dan katakan padanya, “sepertinya bisa kamu lakukan sendiri.”

Ia berkata “adulah nasib di Cikarang.” Bingung, aku bertanya, “aku akan jadi apa?” Kemudian ia menjawab “jadilah seseorang yang menyatu denganku.” Jadi ternyata ia meminta aku untuk jadi pasangannya, aku simpulkan demikian. Ia menjawab “iya.” Dan aku termenung.

Ku jawab bahwa kini aku sedang terpuruk. Aku perlu mempersiapkan diriku untuk kembali bersamanya. Aku bahkan sempat bertanya pada diriku, “apakah ia orang yang tepat?” Selama ini aku secara tidak sadar mencari orang yang dapat menggantikan dirinya. Dan aku mendapatkan dirinya. Berikutnya apa?

Awalnya aku memutuskan untuk meninggalkan ekskul di Garut karena keputusasaan aku. Namun itu sudah teratasi dan aku dapat mengerjakan pekerjaan ku lagi. Aku mulai kembali bekerja dengan konsentrasi penuh setelah berhubungan jarak jauh dengannya.

Aku masih bertanya-tanya. Dia adalah alasan untuk being saya, aku mendapatkan kesempatan untuk tinggal bersamanya lagi, namun untuk apa? Aku mencari makna untuk dapat kembali bersamanya. Kemudian muncul pertanyaan-pertanyaan teknis seperti:

  1. Bagaimana aku tinggal di sana?
  2. Berapa biaya makan di sana?
  3. Aku kerja apa di sana?

Aku bisa saja mendapatkan apa yang aku inginkan: menjadi dekat dengannya. Namun aku perlu memperhatikan pula apa aku dapat bertahan hidup di sana.

Jadi harapan itu memunculkan pertimbangan. Aku masih ada hal-hal yang sedang ku kerjakan di Garut dan Bandung. Ini meningkatkan pemikiran kritisku secara realistis.

Advertisements

2 thoughts on “Mencari Alasan Untuk Bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s