Dinamika bayang-bayang dalam serangan panik

Ini adalah refleksi ku setelah mengalami episode serangan panik yang berlangsung sejak sabtu malam kemarin hingga hari ini.

Meskipun aku sadar kalau aku sudah berdamai dengan kesalahan dalam hidup ku sebelumnya, aku jadi cenderung melupakan pilihan itu dan fokus pada teror dan ketakutan yang muncul. Aku terus menyalahkan diriku sendiri ditambah kenangan muncul. Karena teror dan takut tersebut, aku jadi cenderung melawan daripada mendengarkan peristiwa tesebut.

Aku kemudian memilih untuk mengistirahatkan tubuhku dan mendengarkan takut dan teror itu.

Pemicunya adalah membengkaknya amandel ku sehingga aku mengasosiasikan itu dengan gejala awal HIV. Aku sudah hubungi pendamping tes HIV ku dan dia bilang padaku supaya aku tidak panik. Kemudian terlepas dari teror dan panik, aku fokus pada perawatan diriku.

Bayang-bayang memunculkan semua hal dari diriku yang terpendam. Mengarahkan pada diriku untuk memikirkan kematian. Namun sebenarnya pesan utamanya adalah bukan untuk itu. Melainkan adalah untuk mengevaluasi diri dan mengubah kepercayaan diri terkait yang dimunculkan oleh bayang-bayang itu.

Diri perlu tenang untuk mengatasi itu. Namun efek teror dan panik adalah melumpuhkan dan menuntut istirahat yang lebih. Jika dalam situasi produktif, ini sangat menggangu. Saya tidak dapat menghubungi dosen saya untuk janji bimbingan juga tidak bisa mengerjakan Novel Risol sesuai dengan jadwal. Menanggapi situasi tersebut, saya kirim permintaan maaf saya bahwa saya mengganti jadwal mengerjakan episode Risol dan beristirahat sampai hari Senin.

Teror ini berakhir setelah saya istirahat dan merasa dikuatkan untuk menghadapi ketakutan itu. Rupanya saya mengalami peradangan amandel dan perlu perawatan diri yang lebih baik.

Proses ini, bagiku seperti membiarkan sebagian diriku untuk mati dan digantikan dengan yang baru. Menghargai kehadiran bayang-bayang adalah perlu untuk pertumbuhan diri.

Saya siap untuk situasi hidup berikutnya…

Penulis: rhakakatresna

your personal you can be~ live in Bandung, INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s