Kiat Merawat Diri Sendiri: Cemas karena Orang Beracun

Kecemasan merenggut jiwaku. Aku pikir aku sudah selesai hadapi itu tapi ternyata tanda lain baru saja aku perhatikan: pikiran negatif yang konsisten dan berulang serta kekurangan tidur yang gak disadari. Berikut aku bagikan beberapa kiat yang ku lakukan ketika menghadapi serangan cemas.

Solusi sederhana: menidurkan diri sendiri

Serangan kecemasan bikin diri otomatis susah tidur kemudian diri jadi fokus pada pikiran negatif bahkan terhanyut di dalamnya. Beberapa orang dalam kecemasan yang serius mungkin akan butuh psikofarmaka untuk bantu tenangkan pikiran. Yang ku lakukan adalah mencari lagu-lagu yang memberikan makna harapan buat aku kemudian konsentrasikan diri untuk tertidur. Perhatikan higienis tidur sebelum menidurkan diri sendiri, seperti matikan lampu, pakai baju yang nyaman, matikan semua distraksi dan sebagainya. Aku gunakan pemutar musik, tak lupa untuk pasang timer tidur pada pemutar musik sekitar 30 atau 1 jam.

Setelah bangun: catat pemicu dan lakukan refleksi

Setelah bangun tidur, pikiran dan tubuh terasa lebih tenang dan utamanya bisa berpikir jernih. Aku gunakan kesempatan itu untuk catat pemicu serangan cemas. Betul saja ada, jika diri teliti dan jernih. Pemicu kecemasan aku baru-baru ini adalah karena aku menemukan kalau sebuah organisasi sedang dalam kondisi sangat gak bagus sehingga aku mengerjakan tugas-tugas pengurusnya. Semestinya aku cukup kerjakan tugasku sebagai sukarelawan. Ditambah ada perlakuan kekerasan emosional di masa kerja sukarela aku sehingga aku keluar dari pekerjaan sukarela itu. Alasan logisnya adalah tidak ada jaminan kerja dan aku sudah bekerja melampaui batasan aku. Pengurus aktif memang ada tetapi tidak ada komunikasi dan koordinasi sama sekali di antara mereka. Aku simpulkan dari hasil penelusuran aku bahwa ada masalah komunikasi dan pribadi yang serius di ketua organisasi tersebut. Setelah lepas dari situ, baru aku sadari kalau si ketua organisasi itu beracun dan aku dilanda kecemasan setelahnya.

Refleksi bantu aku untuk kembali menapak ke sini dan saat ini. Dari kejadian yang baru saja terjadi, aku sadar kalau aku perlu jauhkan diriku dari orang-orang yang beracun.

Tulisan ini merupakan bagian dari kampanye menulis 1minggu1cerita dengan tema Racun

3 respons untuk ‘Kiat Merawat Diri Sendiri: Cemas karena Orang Beracun

  1. Kadangkala, musik berbau lirik-lirik semangat dan bahagia, bisa membuatku lebih mengabaikan masalah hidup sejenak, kemudian tertidur pulas. Hihihi..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s