Inilah Cara Menghilangkan Trauma yang Aku Lakukan

Photo by cottonbro on Pexels.com

Hidup dengan trauma bukanlah perkara yang mudah. Hidup dengan trauma bagaikan hidup melangkah dengan kaki yang tertusuk duri. Itu melukai diri dan semakin sakit jika diabaikan.

Mencabut luka di jiwa gak semudah mencabut duri yang menusuk di kaki, sayangnya. Mengobati diri dan sembuh dari trauma adalah kerja yang tekun dan konsisten. Bisa jadi penuh luka dan rasa sakit daripada traumanya sendiri.

Kenapa trauma itu ada?

Seperti yang dilansir oleh sehatq.com, trauma itu disebabkan oleh satu jenis peristiwa, stres berkepanjangan, dan hal-hal yang tidak disadari.

Peristiwa yang membuat trauma termasuk di antaranya kecelakaan, sakit atau cedera parah, kekerasan, terutama yang terjadi saat masih kecil.

Stres jangka panjang bentuknya bisa seperti tinggal di area perang atau tingkat kriminalitasnya tinggi, perundungan, atau ditelantarkan saat masih kecil. Selain itu, didiagnosis penyakit yang parah juga bisa menyebabkan seseorang mengalami trauma psikologis.

Selain itu, kematian orang terdekat, putus cinta, dan menjalani operasi saat masih kecil terutama tiga tahun pertama kehidupan, bisa memicu trauma psikologis.

Bagaimana Cara Sembuhkan Trauma

Inti utama dari penyembuhan trauma adalah aliran yang sehat dan pemrosesan emosi yang menekan, seperti kemarahan, kesedihan, rasa malu, dan ketakutan (Brandt, 2018).

Brandt lebih lanjut menjelaskan ada 9 langkah penyembuhan trauma, yaitu:

Langkah 1: Tempatkan Itu

Agar proses ini berhasil, Anda harus berada di tubuh Anda dan di saat ini. Untuk memulai, temukan tempat yang tenang di mana Anda tidak akan diganggu. Duduklah dengan nyaman dengan mata tertutup, dan tarik napas dalam-dalam beberapa kali, bawa kesadaran Anda ke dalam tubuh Anda. Peras dan lepaskan otot Anda, dan rasakan beban di lengan Anda. Biarkan diri Anda merasa terhubung dengan tanah di bawah Anda. Bayangkan aliran energi mengalir dari tulang ekor Anda sampai ke pusat bumi. Setelah Anda merasa bahwa Anda terpusat pada tubuh Anda, lanjutkan ke Langkah 2.

Langkah 2: Ingat itu

Pikirkan situasi yang membuat Anda kesal akhir-akhir ini. Temukan sesuatu yang memicu reaksi emosional ringan hingga kuat, atau yang akan terjadi jika Anda tidak merasa mati rasa secara emosional. Tinjau kembali apa yang terjadi sedetail mungkin, dan bayangkan diri Anda kembali ke waktu dan tempat itu. Rasakan semuanya lagi dengan indra Anda. Saat emosi mulai muncul, lanjutkan ke Langkah 3.

Langkah 3: Rasakan itu

Lanjutkan bernapas dalam-dalam, dan luangkan waktu sejenak dalam relaksasi yang tenang. Kemudian, pindai tubuh Anda secara mental untuk mencari sensasi apa pun. Saya menyebut proses ini “meresap” karena cara emosi Anda akan bergerak dan menggelembung di dalam diri Anda. Amati respons fisik yang Anda alami – kesemutan, sesak, terbakar, dll. Masing-masing sensasi ini adalah sedikit informasi yang Anda butuhkan untuk memahami pengalaman masa lalu Anda. Jelajahi sensasi ini, dan jelaskan dalam hati kepada diri Anda sendiri sedetail mungkin. Setelah menjelajahi dan mendeskripsikan semua reaksi fisik Anda, Anda dapat melanjutkan ke Langkah 4.

Langkah 4: Beri Nama

Hubungkan emosi dengan setiap sensasi yang Anda rasakan. Apakah sesak di dada Anda membuat Anda cemas? Apakah panas yang Anda rasakan naik ke lengan Anda membuat marah? Sebelum memulai latihan ini, Anda mungkin ingin mencetak daftar emosi ini, Anda dapat menemukan daftar ini di sisi kanan bawah halaman. Penting untuk mengenali perbedaan yang sering kali tidak kentara antara emosi yang terkadang mirip. Ini akan memberi Anda perasaan yang lebih besar tentang pengalaman Anda dan pengetahuan yang lebih kaya tentang diri Anda sendiri. Setelah Anda menamai emosi Anda, lanjutkan ke Langkah 5.

Langkah 5: Sayangi Itu

Sebagai bagian dari pendekatan perhatian untuk penyembuhan dari trauma, kita perlu menerima sepenuhnya semua yang kita rasakan. Apakah itu benar untuk pikiran sadar Anda saat ini atau tidak, katakan, “Aku mencintai diriku sendiri karena merasa (marah, sedih, cemas, dll.).” Lakukan ini dengan setiap emosi yang Anda rasakan, terutama yang lebih sulit. Rangkullah kemanusiaan Anda, dan cintai diri Anda karenanya. Setelah Anda menerima dan mencintai diri sendiri untuk setiap emosi Anda, Anda dapat melanjutkan ke Langkah 6.

Langkah 6: Rasakan dan alami

Duduklah dengan emosi dan sensasi Anda, biarkan perasaan meresap dan mengalir. Jangan mencoba mengubah atau menyembunyikannya; amati mereka. Akui dan sambut ketidaknyamanan yang Anda rasakan, karena itu akan segera hilang dan akan membantu Anda untuk sembuh. Biarkan tubuh Anda merespons sesuai keinginan atau kebutuhannya. Jika Anda merasa ingin menangis, menangislah. Jika Anda merasa perlu meneriakkan sesuatu atau meninju sesuatu, Anda harus berteriak atau meninju udara. Mengekspresikan emosi Anda – dengan cara yang produktif – adalah kunci untuk membuatnya bergerak di dalam diri Anda dan memprosesnya sepenuhnya. Setelah Anda sepenuhnya merasakan dan mengalami emosi Anda, lanjutkan ke Langkah 7.

Langkah 7: Terimalah pesan dan kebijaksanaannya

Apakah sensasi atau emosi yang Anda alami saat ini terhubung dengan satu atau beberapa pengalaman di masa lalu? Apakah mereka memberi Anda wawasan tentang akar trauma atau hal negatif, yang membatasi keyakinan tentang diri Anda? Saat ini, Anda mungkin berpikir, “Saya tidak mendapatkan apa-apa.” Tanyakan pada diri Anda: “Jika sensasi atau emosi ini akan mengatakan sesuatu kepada saya, apakah itu?” Jika Anda masih kesulitan, lakukan beberapa tulisan gratis. Buatlah jurnal tentang arti perasaan tersebut, selama 10 menit penuh tanpa henti. Jika Anda merasa telah mendengar semua pesan yang dikirim oleh emosi Anda, lanjutkan ke Langkah 8.

Langkah 8: Bagikan itu.

Jika Anda merasa nyaman membagikan refleksi Anda dengan orang lain, lakukan itu. Jika tidak, tulis sendiri tentang mereka. Jelaskan apa yang terjadi ketika insiden yang mencederai itu pertama kali terjadi, bagaimana reaksi Anda saat itu, dan apa yang Anda lihat sekarang. Berbicara atau menulis tentang pengalaman dan emosi Anda adalah langkah penting dalam penyembuhan. Menulis surat (tetapi tidak mengirimkannya) kepada mereka yang menyakiti Anda bisa menjadi metode yang sangat efektif untuk mengeluarkan emosi dari sistem Anda. Setelah Anda membagikan refleksi Anda …

Langkah 9: Lepaskan

Visualisasikan energi yang diambil trauma Anda di dalam diri Anda saat meninggalkan tubuh, atau lakukan ritual pelepasan fisik, seperti (dengan aman) membakar surat yang telah Anda tulis kepada orang yang menyakiti Anda, atau membuang trauma dalam bentuk benda ke dalam laut. Anda dapat meminjam ritual dari Yudaisme yang disebut Tashlikh. Selama periode pertobatan, banyak orang Yahudi membuang dosa mereka ke dalam air alami yang mengalir dalam bentuk remah roti. Alih-alih dosa, Anda bisa membuang trauma dan emosi serta sensasi yang menyertainya.

Refleksi

Trauma yang saya alami disebabkan oleh pengalaman kekerasan di masa kecil, perundungan panjang selama SD – lulus SMK, dan peristiwa yang terjadi pada tahun 2016.

Wah, diriku ingat betul ya.

Setelah baca lagi langkah penyembuhan trauma di atas, ternyata aku sudah melakukan langkah-langkah tersebut! Prosesnya lama sekali. Betul bahwa diri perlu tekun dan konsisten untuk melakukan prosesnya.

Yang selalu ku katakan pada diri sendiri adalah, “diriku layak dan boleh untuk hidup. Aku bisa merasakan dan melalui trauma.”

Satu respons untuk “Inilah Cara Menghilangkan Trauma yang Aku Lakukan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s