Mengatasi Alérgi Pecin

Selama beberapa bulan terakhir aku sadar kalau aku itu sensitif pada pecin atau vetsin atau Monosodium glutamat (MSG). Ketika makan itu, seketika tenggorokan jadi kering dan sakit, kemudian air liur menjadi banyak. Kadang-kadang setelah itu aku disambut dengan sesak nafas dan sakit tenggorokan di pagi hari keesokan harinya. Rasanya gak nyaman sekali karena merusak suara dan bikin sakit tenggorokan ketika bicara. Aku sadar kalau aku mengalami tonsilitis dan jadi alergi terhadap pecin.

Apa itu Alergi?

Saya ambil definisi alergi dari Wikipedia:

Alergi atau hipersensitivitas tipe I (1 dari 4) adalah kegagalan kekebalan tubuh di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.

Gimana sih Alergi Pecin itu?

Karena aku sensitif terhadap pecin. Aku mau bagikan juga artikel yang ku dapat soal alergi Pecin.

Gejala yang ditimbulkan akibat alergi MSG antara lain:

  • kesemutan
  • sakit kepala
  • sensasi terbakar di dada.
  • gatal-gatal
  • pilek atau hidung tersumbat
  • mati rasa
  • pembengkakan di wajah
  • nyeri di dada
  • palpitasi jantung
  • sesak napas
  • bengkak di tenggorokan
  • anafilaksis.

Bagaimana cara mengatasi alergi Pecin?

Seperti yang dilansir Kompas, cara terbaik untuk menghindari reaksi alergi MSG adalah dengan menghindari konsumsi zat aditif tersebut.

Aku pikir emang betul kayak gitu sih. Ini jadi tantangan besar buat aku karena keluarga aku pecinta pecin dan hampir semua masakan yang Ibu aku buat menggunakan pecin. Aku kadang sebut Ibu aku si raja pecin karena sangat konsisten menggunakan pecin.

Ibu pernah bilang kalau makanan itu gak pakai pecin tapi menggunakan bumbu kaldu kemasan. Setelah aku lihat kemasannya, ternyata ada Mononatrium Glutamat tertera pada komposisinya. Yah, sama aja bohong. Dan itu nyebelin banget.

Alhasil aku memasak sendiri. Namun karena bahan langka, semua belanjaan dimasak semua dengan bumbu pecin. Biasanya aku menyelamatkan diri dengan minta lagi uang jajan dengan belanja sendiri makanan. Dan itu terus berlangsung sampai sekarang.

Tulisan ini dibuat mengikuti kampanye nulis blog bertema di 1minggu1cerita

Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Alergi

https://health.kompas.com/read/2020/08/13/073300468/memahami-gejala-dan-cara-mengatasi-alergi-msg

5 respons untuk ‘Mengatasi Alérgi Pecin

  1. Baru baca2 juga jurnal kesehatan terbaru. Banyak yg udah ngebantah soal “alergi MSG” ini, jadi hanya sebatas sensitif. Sebenarnya ada beda antara sensitif sama alergi (dulu pernah kuliah materi ini, tapi lupa lagi kalau ditanya detail ilmiahnya). Soal teori kalau MSG itu berbahaya juga sebenarnya sudah dianggap tak berdasar, seperti zat lain sih bakal berbahaya kalau kebanyakan. Selebihnya pecin hanya sebatas bumbu dapur, garam atau gula juga kalau kebanyakan kan bakal bikin efek buruk.

    Yang masalah, pecin ini masih dikambinghitamnkan, jadi ada semacam efek nocebo (kebalikannya placebo): kita merasa sakit karena info salah itu. Saya juga dulu juga tipe orang yg anti banget sama pecin ini, merasa dosa kalau makan makanan yg mengandung micin ini, serasa sudah minum racun. Jadi mungkin ini lebih ke efek psikologis sih.

    Haha maaf, malah ikut jelasin panjang segala, udah kayak influencer micin aja saya. Malah jadi kepikiran buat nulis ini juga. Salam kenal bang 😀

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s